Pages

Sabtu, 23 Januari 2016

Tugas V-Class III Dasar Telekomunikasi

Tugas V-Class III 
Dasar Telekomunikasi














NAMA  : Aditya Ramadhan
NPM     : 10414321
KELAS : 2IB05










Demodulator FM

Demodultor adalah proses suatu sinyal informasi yang sudah termodulasi dibentuk kembali ke dalam bentuk awalnya, berfungsi memisahkan informasi asli dari gelombang campuran (yaitu gelombang isyarat pembawa yang termodulasi. Demodulator sering juga disebut dengan detector. Misalnya dalam system modulasi amplitude (AM) dikenal jenis-jenis detector linier, detector kuadrat, dan detector Kristal.
Dalam system modulasi frekuensi (FM) diterapkan rangkaian demodulator yang disebut diskriminator.

Rangkaian yang bisa digunakan sebagai modulator, yaitu:

1. Slope FM Detector,
2. Foster-Seeley FM Detector,
3. PLL FM Demodulator,
4. Quadrature FM Demodulator,
5. Coincidence FM Demodulator ,
6. Ratio Detector
7. DLL.


Gambar diatas adalah salah satu rangkaian demodulator FM yaitu, Foster-Seeley FM Detector, Terdiri dari, 2 Dioda, 2 Resistor dan 3 Kapasitor dan transformator yang digunakan sebagai penguat frekuensi. Foster-Seeley FM detector beroperasi menggunakan perbedaan fase antara sinyal.

Ketika sinyal pembawa unmodulated diterapkan pada frekuensi pusat, baik dioda on, untuk menghasilkan tegangan yang sama dan berlawanan di resistor beban masing-masing. Tegangan ini membatalkan setiap satu sama lain keluar pada output sehingga tidak ada tegangan hadir. Linieritas tergantung pada sinyal fm dan penyetelan rangkaian.
Choke diperlukan dalam rangkaian untuk memastikan bahwa tidak ada sinyal RF muncul pada output. Kapasitor C1 dan C2 menyediakan fungsi penyaringan yang sama.


Kekurangan rangkaian Foster-Seeley detector ini adalah mahal untuk memproduksi. Komponen seperti kumparan tidak mudah untuk menghasilkan, dengan spesifikasi yang dibutuhkan dan oleh karena itu mereka relatif mahal. Rangkaian ini jarang digunakan di peralatan modern.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar