Pages

Sabtu, 09 Januari 2016

Tugas V-Class Dasar Telekomunikasi

Tugas V-class Dasar Telekomunikasi
Pertemuan Pertama





 





NAMA  : Aditya Ramadhan
NPM     : 10414321
KELAS : 2IB05






1.   Apakah definisi dari telekomunikasi ?


Jawab:

Secara bahasa TELEKOMUNIKASI berasal dari kata TELE yang artinya jauh dan KOMUNIKASI adalah  Proses pertukaran informasi antara si pemberi informasi dan si penerima informasi, atau sebaliknya.

Dapat disimpulkan bahwa TELEKOMUNIKASI adalah proses pertukaran informasi antara si pemberi informasi dan penerima informasi yang dilakukan dari jarak yang jauh.



 2. Sebutkan media atau sarana yang bisa digunakan untuk komunikasi (tradisional maupun  modern) ?

Jawab:

Komunikasi Tradisional

·         Lonceng

Lonceng digunakan untuk mengabarkan suatu berita kepada masyarakat dan sebagai penanda waktu.

·         Daun Lontar

daun lontar dipakai untuk bahan kerajinan dan naskah. Yang lazim digunakan untuk menulis dimasa itu adalah daun lontar.

·         Kentongan

Kentongan digunakan untuk memberitahu masyarakat bila terjadi sesuatu yang ada di daerah mereka.

·         Asap

Alat komunikasi ini digunakan untuk mengirimkan pesan atau informasi, atau memberitahu jika seseorang tersesat.

·         Telepon Kaleng

Telepon Kaleng adalah perangkat transmisi suara terdiri dari dua kaleng, cangkir, kertas atau barang semacam itu melekat pada kedua ujung tali tegang atau kawat

·         Surat

Surat adalah media untuk menyampaikan pesan melalui lembaran kertas yang dulu dikirim menggunakan merpati. Sampai sekarang surat masih digunakan untuk menyampaikan pesan

·         Terompet

pada zaman dahulu terompet pada masa peperangan digunakan untuk memberi isyarat kepada para pasukan perang untuk melakukan serangan kepada lawan.

·         Merpati Pos

Pada masa perang kegunaannya lebih lagi, apalagi ketika alat komunikasi tidak berfungsi. Maka merpatilah salah satunya yang digunakan untuk menyampaikan pesan pesan militer rahasia.

·         Prasasti

Prasasti merupakan sumber dokumen tertulis yang orisinil dan pasti terjamin keasliannya sebagai peninggalan masa lalu.

·         Telegraf

Telegraf adalah alat komunikasi yang menggunakan peralatan listrik untuk mengirimkan dan menerima sinyal sesuai dengan kode dalam bentuk pulsa listrik. Di dalamnya terdapat kabel-kabel tembaga yang berguna untuk mengirimkan sinyal jarak jauh.

·         Gong

Gong digunakan di dalam suatu acara untuk menandakan dimulainya suatu acara tersebut. Dan juga digunakan untuk mengumpulkan orang-orang untuk berkumpul.

·         Gamelan

komunikasi yg menandakan adanya pergelaran suatu acara. Agar adanya suatu ikatan kebersamaan dalam kesenian.

·         Gendang

Gendang atau Drum Sering digunakan didalam suatu acara untuk penyambutan atau ciri khas dimulainya suatu acara atau kompetisi.

·         Terompet Keong

Hingga saat ini, terompet keong masih digunakan dalam acara adat.

·         Peluit

Peluit digunakan untuk memulai atau menghentikan suatu peristiwa

·         Tangan (isyarat tangan)

digunakan untuk menyampaikan pesan rahasia yg hanya dimengerti oleh orang-orang yang mengerti saja.

·         Bendera

mengendalikan pergerakan suatu kelompok atau kendaraan seperti mobil atau pesawat. Bendera adalah suatu tanda atau ciri khas yg menandakan status suatu daerah.

·         Lampu (sandi Morse)
lampu sebagai tanda atau penyampai pesan berupa sandi morse. Saat ini lampu juga sering digunakan untuk mengendalikan arus lalu lintas agar seimbang.

·         Api Unggun

Api unggun adalah suatu alat komunikasi yg berguna sebagai pertanda berakhirnya suatu acara.

·         Anjing

Anjing dapat menjadi penanda ketika ada musuh yang datang dengan cara menggonggong.

·         Bel terompet          

Ketika pedagang membunyikan bel, hal itu menandakan penjual sudah datang.



Media Komunikasi Modern

·  Telepon

               Telepon merupakan alat komunikasi yang dapat mengirimkan pembicaraan melalui listrik. Dengan menggunakannya kita bisa berkomunikasi secara lisan dengan seseorang berjarak jauh. Telepon pertama kali diciptakan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876
· HandPhone

HP merupakan salah satu teknologi komunikasiyang saatini marak digunakan masyarakat Indonesia. Pada awalnya HP digunakan oleh kalangan tertentu, misalnya pengusaha.Akan tetapi, sekarang ini HP seolah telah menjadi kebutuhan primer.


·         Koran

Koran merupakan suatu penerbitan yang ringan dan mudah dibuang, biasanya dicetak pada kertas koran, yang berisi berita - berita terkini dalam berbagai topik. Topiknya bisa berupa politik, olahraga, tajuk rencana, dan cuaca. Surat kabar biasanya juga berisi kartun, teka - teki silang ( TTS ), dan hiburan lainnya.

·         Televisi

Televisi merupakan sebuah alat penangkap siaran bergambar. Media komunikasi yang satu ini merupakan media komunikasi yang sangat populer. Hampir sebagian rumah tangga di dunia ini mempuntai sebuah televisi.

·         LCD proyektor

Proyektor adalah alat penyampaiinformasi dengan cara menampilkan informasi tersebut dalam sebuah presentasi di layar yang besar sehingga pesan yang disampaikanterasa lebih menyenangkan bagi penerimanya.

·          PDA

Alat ini tergolong yang paling modern dan banyak dimiliki oleh kalangan tingkat atas.Pocket PC sering disebut sebagai komputer mini karena bentuknya yang kecil dan dapatdibawa ke mana-mana

·         Faksimili

Faksimili digunakan untuk menerima dan mengirim informasi melalui telephoto dengan sistem reproduksi fotografi sehingga memungkinkan kita dapat mengirimkan salinan isi suatu halaman, baik berupa tulisan maupun gambar ke mesin faksimili lain melalui saluran telepon dalam hitungan menit

·         Radio

Radio merupakan alat yang sangat penting sejak ditemukan untuk dapat menerima informasi berupa suara atau sinyal dengan menggunakan gelombang elektromagnetik.

·         Komputer

Komputer merupakan alat yang digunakan untuk memanipulasi dan mengelola data berdasarkan perintah yang diberikan oleh penggunanya.

·         Internet

Internet merupakan salah satu produk TIK yang paling maju saat ini. Dahulu internet hanya dapat digunakan oleh kalangan dan dengan komponen tertentu saja. Tetapi saat ini orang yang dirumahpun bisa terhubung internet dengan modem.

·         Microfon

Microfon merupakan alat komunikasi yg sudah ada sejak lama dan masih bertahan sampai saat ini. Microfon termasuk alat yg paling bermanfaat sejak lama. Karena dapat menyiarkan suatu berita secara langsung kepada masyarakat.

·         Radar

Radar adalah alat pendeteksi keberadaan suatu benda disekitarnya. Radar merupakan alat komunikasi yg sangat efektif di udara dan di air. Dengan adanya radar, komunikasi di udara maupun di air dapat di kontrol dengan baik.

·         Handy talk

HandyTalky  adalah alat berkomunikasi dengan mengunakan sinyal frekuensi tertentu sebagai pemancarnya untuk menghubungkan handy talky yang satu dengan handy talky yang lain, Handy talky biasanya di gunakan oleh kalanyan kepolisian ataupun security dengan mengunakan bahasa isyarat dalam berbicara.

·         Toa

Toa merupakan salah satu alat komunikasi dengan mode pembesar suara, maka dari itu penggunaan toa sering kali di pakai dalam acara demo atau sebagainya sebagai alat komunikasi yg simple tak memerlukan listrik, karena hanya menggunakan batrai

·         Modem

Modem adalah pengembangan alat IT yg mempermudah komunikasi dengan media internet. Modem merupakan alat yg cukup simple untuk komunikasi jarak jauh didunia maya


3.      Sebut dan jelaskan saluran transmisi yang digunakan untuk berkomunikasi?

Jawab:

A.    Copper Media

Copper media merupakan semua media transmisi data yang terbuat dari bahan tembaga. Orang biasanya menyebut dengan nama kabel. Data yang dikirim melalui kabel, bentuknya adalah sinyal-sinyal listrik (tegangan atau arus) digital.
Jenis-jenis kabel yang dipakai sebagai transmisi data pada jaringan :

1.      Coaxial Cable
Kabel ini sering digunakan sebagai kabel antena TV. Disebut juga sebagai kabel BNC (Bayonet Naur Connector). Kabel ini merupakan kabel yang paling banyak digunakan pada LAN, karena memiliki perlindungan terhadap derau yang lebih tinggi, murah, dan mampu mengirimkan data dengan kecepatan standar.
Ada 4 jenis kabel coaxial, yaitu :
Thinnet atau RG-58 (10Base2)
rg-58
Thicknet atau RG-8 (10Base5).
rg-8, RG-59, rg-59, RG-6, rg-6
  
Ada 3 jenis konektor pada kabel Coaxial, yaitu T konektor, I konektor (socket) dan BNC konektor. Keuntungan menggunakan kabel koaksial adalah lebih murah dari pada kabel fiber optic dan jarak jangkauannya cukup jauh dari kabel jenis UTP/STP yang menggunakan repeater sebagai penguatnya. Kekurangannya adalah susah pada saat instalasi, baik installasi konektor maupun kabel. Untuk saat ini kabel koaksial sudah tidak direkomendasikan lagi intuk instalasi jaringan.

2.      Twisted-Pair cable
Twisted Pair terdiri dari 2 jenis :
utp-stp-cable
Kabel STP (Shielded Twisted Pair)
Keuntungan menggunakan kabel STP adalah lebih tahan terhadap interferensi gelombang elektromagnetik baik dari dari dalam maupun dari luar. Kekurangannya adalah mahal, susah pada saat instalasi (terutama masalah grounding), dan jarak jangkauannya hanya 100m .
Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)
Keuntungan menggunakan kabel UTP adalah murah dan mudah diinstalasi. Kekurangannya adalah rentan terhadap interferensi gelombang elektromagnetik, dan jarak jangkauannya hanya 100m.
Ada beberapa kategori untuk kabel Twisted Pair, yaitu :

• Kategori 1 (Cat-1).
Umumnya menggunakan konduktor padat standar AWG sebanyak 22 atau 24 pin dengan range impedansi yang lebar. Digunakan pada koneksi telepon dan tidak direkomendasikan untuk transmisi data.

• Kategori 2 (Cat-2).
Range impedansi yang lebar, sering digunakan pada sistem PBX dan sistem Alarm. Transmisi data ISDN menggunakan kabel kategori 2, dengan bandwidth maksimum 1 MBps. 

• Kategori 3 (Cat-3).
Sering disebut kabel voice grade, menggunakan konduktor padat sebanyak 22 atau 24 pin dengan impedansi 100 Ω dan berfungsi hingga 16 MBps. Dapat digunakan untuk jaringan 10BaseT dan Token Ring dengan bandwidth 4 Mbps.

• Kategori 4 (Cat-4).
Seperti kategori 3 dengan bandwidth 20 MBps, diterapkan pada jaringan Token Ring dengan bandwidth 16 Mbps.

• Kategori 5 (Cat-5).
Merupakan kabel Twisted Pair terbaik (data grade) dengan bandwidth 100 Mbps dan jangkauan transmisi maksimum 100 m.

B.     Optical Media

singlemodeAda tiga jenis kabel fiber optic yang biasanya digunakan, yaitu single mode, multi mode dan plastic optical fiber yang berfungsi sebagai petunjuk cahaya dari ujung kabel ke ujung kabel lainnya. Dari transmitter^ receiver, yang mengubah pulsa elektronik ke cahaya dan sebaliknya, dalam bentuk light-emitting diode ataupun laser. Kabel fiber optic single mode merupakan fiber glasstunggal dengan diameter 8.3 sampai 10 mikrometer, memiliki satu jenis transmisi yang dapat mengantarkan data berkapasitas besar dengan kecepatan tinggi untuk jarak jauh, dan membutuhkan sumber cahaya dengan lebar spektrum yang lebih kecil. Kemampuan kabel jenis single mode dalam mengantarkan transmisi adalah 50 kali lebih cepat dari kabel jenis multimode,karena memiliki core yang lebih kecil sehingga dapat menghilangkan setiap distorsi dan pulsa cahaya yang tumpang tindih.
multimode Kabel fiber optic multimode terbuat dari fiberglass dengan diameter lebih besar, yaitu 50 sampai dengan 100 mikrometer yang dapat mengantarkan data berkapasitas besar dengan kecepatan tinggi untuk jarak menengah. Apabila jarak yang ditempuh lebih dari 3000 kaki, akan terjadi distorsi sinyal pada sisi penerima yang mengakibatkan transmisi data menjadi tidak akurat. Sedang plastic optical’fiber adalah kabel berbasis plastik terbaru yang menjamin tingkat performa yang sama dengan fiber glass dalam jarak pendek dengan biaya yang jauh lebih murah. Saat ini, fiber optic telah digunakan sebagai standar kabel data dalam biding physical layer telekomunikasi atau jaringan, seperti perangkat TV kabel, juga sistem keamanan yang menggunakan Closed Circuit Television (CCTV), dan lain sebagainya Bahan dasar dari optical media adalah kaca dengan ukuran yang sangat kecil (skala mikron).Biasanya dikenal dengan nama fibre optic (serat optic). Data yang dilewatkan pada medium ini dalam bentuk cahaya (laser atau inframerah).
Satu buah kabel fibre optic terdiri atas dua fiber, satu berfungsi untuk Transmit (Tx) dan satunya untuk Receive (Rx) sehingga komunikasi dengan fibre optic bisa terjadi dua arah secara bersama-sama (full duplex).

C.    Wireless Network

Saat ini sudah banyak digunakan jaringan tanpa kabel (wireless network), transmisi data menggunakan sinar infra merah atau gelombang mikro untuk menghantarkan data. Walaupun kedengarannya praktis, namun kendala yang dihadapi disini adalah masalah jarak, bandwidth, dan mahalnya biaya. Namun demikian untuk kebutuhan LAN di dalam gedung, saat ini sudah dikembangkan teknologi wireless untuk Active Hub (Wireless Access Point) dan Wireless LAN Card (pengganti NIC), sehingga bisa mengurangi semrawutnya kabel transmisi data pada jaringan komputer. Wireless Access Point juga bisa digabungkan (up-link) dengan ActiveHub dari jaringan yang sudah ada.
pci-card-wifi WRT54GL
Media transmisi wireless menggunakan gelombang radio frekuensi tinggi. Biasanya gelombang elektromagnetik dengan frekuensi 2.4 Ghz dan 5 Ghz. Data-data digital yang dikirim melalui wireless ini akan dimodulasikan ke dalam gelombang elektromagnetik ini




4.      Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis modulasi analog?

Jawab:

Modulasi adalah proses perubahan (varying) suatu gelombang periodic sehingga menjadikan suatu sinyal mampu membawa informasi.

Jenis-jenis modulasi ada 3 yaitu:

A. Amplitudo Modulasi (AM)

Amplitudo modulasi adalah salah satu bentuk modulasi dimana sinyal informasi digabungkan dengan sinyal pembawa (carrier) berdasarkan perubahan amplitudonya.
Amplitudo modulasi merupakan modulasi analog linier, disebut linier karena frekuensi sinyal pembawa tetap/konstan. Besarnya amplitudo sinyal informasi mempengaruhi besarnya frekuensi sinyal pembawa. Rentanng frekuensi AM adalah 500 Hz – 1.600 KHz dan panjang gelombang/amplitudonya 1600 KHz – 30.000 KHz, jika direntangkan dengan satuan meter, jangkauan sinyal AM bisa mencapai puluhan ribu kilometer.
Amplitudo modulasi adalah metode pertama kali yang digunakan untuk menyiarkan radio komersil.. Kelemahan dari sistem AM adalah mudah terganggu o;leh gangguan atmosfer dan kualitas suara terbatasi oleh bandwith yang sempit.
Adapun kelebihannya yaitu jangkauan siaran dengan frekuensi AM lebih jauh (200 km) dan biaya untuk pemancar AM lebih murah daripada FM karena FM memiliki kemampuan transmisi stereo yang tidak dimiliki oleh pemancar AM.

B. Frekuensi Modulasi (FM)

Frekuensi modulasi adalah salah satu bentuk modulasi dimana frekuensi sinyal pembawa divariasikan secara proposional berdasarkan amlitudo sinyal informasi. Amplitudo sinyal pembawa tetap konstan. Contoh dari FM adalah frekuensi radio yang sekarang lebih sering digunakan radio pada umumnya.
Frekuensi modulasi merupakan modulasi analog non-linier, disebut juga modulasi sudut. Disebut non-linier karena frekuensi sinyal pembawa bisa berubah-ubah. Pada modulasi ini, besarnya amplitudo sinyal informasi mempengaruhi besarnya frekuensi carrier tanpa mempengaruhi besarnya amplitudo sinyal pembawa.
Frekuensi modulasi memiliki bandwith yang lebih besar daripada amplitudo modulasi sehingga bisa menghasilkan suara stereo dengan menyatukan beberapa saluran audio pada satu gelombang carrier.

C. Phase Modulasi (PM)

Phase modulasi merupakan bentuk modulasi yang merepresentasikan informasi sebagai variasi fase dari sinyal pembawa. Hampir mirip dengan FM, frekuensi pembawa juga bervariasi karena variasi fase dan tidak merubah amplitudo pembawa.
Phase modulasi jarang digunakan karena memerlukan perangkat keras penerima yang lebih kompleks.




5.      Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis propagasi gelombang radio

Jawab:

PROPAGASI GELOMBANG TANAH (GROUND WAVE)
Gambar Propagasi Gelombang Tanah,ground wave,surface wave,gelombang bumi,propagasi gelombang bumi,propagasi ground wave,propagasi surface wave
Gelombang tanah (ground wave) adalah gelombang radio yang berpropagasi di sepanjang permukaan bumi/tanah. Gelombang ini sering disebut dengan gelombang permukaan (surface wave). Untuk berkomunikasi dengan menggunakan media gelombang tanah, maka gelombang harus terpolarisasi secara vertikal, karena bumi akan menghubung-singkatkan medan listriknya bila berpolarisasi horisontal. Gelombang tanah sangat tidak efektif pada frekuensi di atas 2 MHz. Propagasi gelombang tanah merupakan satu-satunya cara untuk berkomunikasi di dalam lautan.

Untuk memperkecil redaman laut, maka digunakan frekuensi yang sangat rendah, yaitu band ELF (Extremely Low Frequency), yaitu antara 30 hingga 300 Hz. Dalam pemakaian tertentu dengan frekuensi 100 Hz, redamannya hanya sekitar 0,3 dB per meter. Redaman ini akan meningkat drastis bila frekuensinya makin tinggi, misalnya pada 1 GHz redamannya menjadi 1000 dB per meter.



PROPAGASI GELOMBANG IONOSFIR


Gelombang yang berpropagasi melalui lapisan ionosfir ini disebut sebagai gelombang ionosfir (ionospheric wave) atau juga disebut gelombang langit (sky wave). Aksi pembiasan pada lapisan ionosfir dan permukaan bumi tersebut disebut dengan skipping

Lapisan atmosfir bumi terdiri dari 3 (tiga) lapisan, yaitum :

- Lapisan troposfir (troposphere) : Troposfir terletak di permukaan bumi hingga mencapai ketinggian kira-kira 6,5 mil

- Stratosfir (stratosphere) dan Lapisan berikutnya (stratosfir) berada mulai dari batas troposfir sampai ketinggian sekitar 25 mil.

- Ionosfir (ionosphere). Dari batas tratofir hingga ketinggian 250 mil adalah lapisan ionosfir. Di atas ionofir adalah ruang angkasa. Ionosfir adalah nama yang benar-benar sesuai, karena lapisan ini tersusun dari partikel-partikel yang terionisasi. Lapisan stratosfir dengan temperaturnya yang konstan tersebut disebut juga daerah isothermal.
Frekuensi Kritis

Frekuensi tertinggi dimana gelombang masih bisa dipantulkan ke bumi bila ditransmisikan secara vertikal pada kondisi atmosfir yang ada disebut dengan frekuensi kritis.

Sudut Kritis

Sudut kritis adalah sudut yang dibentuk oleh lintasan gelombang yang menuju dan masuk ionosfir dengan garis yang ditarik dari garis vertikal titik pemancar di bumi ke pusat bumi.



PROPAGASI TROPOSFIR (TROPOSPHERE SCATTER)

Gambar Propagasi Gelombang Langit,propagasi gelombang langit,sky wave,propagasi skywave,propagasi ionosfir,gelombang langit,


Propagasi troposfir bisa dianggap sebagai kasus dari propagasi gelombang langit. Gelombang tidak ditujukan ke ionosfir, tetapi ditujukan ke troposfir. Batas troposfir hanya sekitar 6,5 mil atau 11 km dari permukaan bumi. Frekuensi yang bisa digunakan adalah sekitar 35 MHz sampai dengan 10 GHz dengan jarak jangkau mencapai 400 km.

PROPAGASI GARIS PANDANG (LINE OF SIGHT)
Gambar Propagasi Line Of Sight,propagasi gelombang langsung,Propagasi Line Of Sight


Propagasi line of sight, disebut dengan propagasi dengan gelombang langsung (direct wave), karena gelombang yang terpancar dari antena pemancar langsung berpropagasi menuju antena penerima dan tidak merambat di atas permukaan tanah. Oleh karena itu, permukaan bumi/tanah tidak meresamnya. Selain itu, gelombang jenis ini disebut juga dengan gelombang ruang (space wave), karena dapat menembus lapisan ionosfir dan berpropagasi di ruang angkasa.

Band frekuensi yang digunakan pada jenis propagasi ini sangat lebar, yaitu
meliputi band VHF (30 – 300 MHz), UHF (0,3 – 3 GHz), SHF (3 – 30 GHz) dan EHF (30 – 300 GHz), yang sering dikenal dengan band gelombang mikro (microwave).

Sumber:





Tidak ada komentar:

Posting Komentar