Pages

Jumat, 15 Januari 2016

Tugas V-Class Dasar Telekomunikasi Pertemuan Kedua

Tugas V-class Dasar Telekomunikasi
Pertemuan Kedua














NAMA  : Aditya Ramadhan
NPM     : 10414321
KELAS : 2IB05





   1.      Jelaskan cara kerja rangkaian MODULATOR FM

Jawab:

Modulator adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan proses modulasi, yaitu proses “menumpangkan” data pada frekuensi gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima melalui media tertentu (kabel atau udara), biasanya berupa gelombang sinus. Dalam hal ini sinyal pesan disebut juga sinyal pemodulasi.



Proses Modulasi Frekuensi (Frequency Modulation, FM)


Besar perubahan frekuensi (deviasi), δ atau fd, dari sinyal pembawa sebanding dengan amplitudo sesaat sinyal pemodulasi, sedangkan laju perubahan frekuensinya sama dengan frekuensi sinyal pemodulasi.




Gambar di atas adalah Rangkaian FM Modulator dengan menggunakan IC 555, sinyal termodulasi yang dihasilkan mempunyai rapat renggang frekuensi bergantung pada sinyal informasi. Tidak ada lilitan atau induktor pada rangkaian modulator diatas.

Rangkaian modulator frekuensi diatas bisa di aplikasikan dengan sederhana yang tidak memakai daya terlalu besar atau frekuensi yang tinggi, jika mau mengaplikasi kan nya dengan daya yang besar dan frekuensi tinggi dapat ditambahkan rangkaian penguat RF pada outputnya. Agar sinyal hasil termodulasinya bisa menampung daya dan frekuensi tinggi dengan bantuan rangkaian pendukung. Pada rangkaian ini bisa diaplikasi kan dengan baik pada frekuensi dibawah Mhz, karena IC 555 bukanlah IC yang dipakai untuk mendukung frekuensi kerja yang sangat tinggi.






Sumber:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar